Profil

Profil dapat dimaksudkan sebagai  suatu gambaran secara garis besar terhadap suatu obyek dari segi mana memandangnya. Profil  MIN 3 Bantul merupakan gambaran tentang MIN 3 Bantul, dari segi mana kita memandangnya. Profil MIN 3 Bantul  yang disampaikan di sini meliputi identitas, keberadaan, sarana dan prasarana, keberadaan guru, keberadaan peserta didik  tahun ajaran 2020/2021

  1. IDENTITAS
  2. Nama Sekolah             : MIN 3 Bantul
  3. Status Sekolah            : Negeri
  4. NSM                            : 111134020003
  5. NPSN                          : 20400574
  6. NSB                              : –
  7. Alamat                          : Waung, Guwosari, Pajangan, Bantul
  1. Kode Pos                      : 55751
  2. Nomor Telepon            : (0274) 6461027
  3. SK Pendirian Nomor    : 558 Tahun 2003, Tanggal 29 Desember 2003
  1. Tahun Berdiri                    : 1985
  2. Tahun Regrouping            : –
  3. Kepemilikan Tanah           : Milik Sendiri
  4. Gedung di bangun tahun : 1991

Oleh                                        : Pemerintah Pusat 4 lokal

Gedung dibangun                   : 2007

Oleh                                        : Pemerintah Pusat 6 Lokal

Gedung dibangun                   : 2010 1 Lokal 2012 1 Lokal dan 2017 1 Lokal

Oleh                                         : Pemerintah Pusat

  1. Luas tanah                          : 5000 m²
  2. Luas bangunan                    : 2500 m²
  3. Luas masing-masing kelas : 56 m²
  4. Hasil Akreditasi                    : A
  5. Waktu Penyelenggaraan    : Pagi
  6. Gugus Sekolah                    : Imbas
  7. Kategori Sekolah                : Standar Pelayanan Minimal (MI-SPM)
  8. Manajemen Sekolah            : MBS
  9. Kurikulum                            : K-13
  10. Lokasi Sekolah :
  • Jarak ke Pusat Kecamatan :  3 KM
  • Jarak ke Pusat Kabupaten :  5 KM
  • Terletak di Lintasan : Pedesaan
  1. GAMBARAN FISIK
    1. Luas tanah 5.000m2 + luas bangunan 2.500 m2.
    2. Gedung kokoh berdinding mural dan pesan-pesan yang dahsyat.
    3. Ruang kelas memadai dengan rata-rata luas 53.80 m2 dengan rata-rata kepadatan kelas 2,56, rata-rata prosentase luas ventilasi dibanding luas lantai 12.37%, dan rata-rata jarak papan tulis dengan murid terdepan adalah 2.5 m.
    4. Ruang kelas di lengkapi LCD dan perangkat pembelajaran berbasis IT.
    5. Ruang kerja TU dan Komite berbasis IT.
    6. Semua guru menggunakan IT dalam pembelajaran.
    7. Free HOT SPOT.
    8. Ruang Kepala Madrasah seluas 12 m2 luas ventilasi 10.97% dari luas lantai sehingga terasa nyaman dan segar alami.
    9. Ruang Keterampilan, kantin kejujuran, perpustakaan yang luas dilengkapi taman baca, mushalla, KM/WC guru dan murid sejumlah 6  buah, wastavel 8 buah, halaman yang luas dengan rumput menghijau, pohon-pohon semakin rindang, greenhouse yang berisi TOGA dan tanaman langka.
    10. Poster-poster kesehatan, semangat belajar, cinta lingkungan hidup terpampang di mana-mana.
    11. Taman halaman yang indah dan asri, kolam ikan yang menyejukkan, tempat parkir yang luas, kebun Madrasah yang menyenangkan.
    12. Bak sampah 3 in 1 di setiap sudut, ada komposter, gudang, sumur resapan air hujan, biopori, tangga ramah difabel, meja kursi ramah anak, tempat wudlu putra putri terpisah, ada ruang tunggu, ruang tamu.
  2. STRUKTUR ORGANISASI MIN 3 BANTU
NO NAMA URAIAN TUGAS
1 Dra. Hanik Nurul Hidayah, M.S.I Kepala Madrasah
2 Muslikhah, S.Pd.I Guru Kelas I A
3 Titik Faizah, S.Pd.I Guru Kelas I B
4 Maryati, S.Pd.I Guru Kelas II A
5 Muammad Fadlan, S.Pd.I Guru Kelas II B
6 Sariman, S.Pd.I Guru Kelas III A
7 Sutinah, S.Pd.I Guru Kelas III B
8 Rohadi, S.Pd.I Guru Kelas IV A
9 Nurul Arifah, S.Ag Guru Kelas IV B
10 Herni Yuswandari, S.Pd Guru Kelas V A
11 Rr Anjar Cahyaning M,S.Pd.SD., M.Pd Guru Kelas V B
12 Umi Hanik Qomariah, S.Pd.I Guru Kelas VI A
13 Hajar Utami, S.Pd. Guru Kelas VI B
14 Iman Wahyudi, S.Ag Guru Agama Islam
15 Asep Eko Wibowo, S.Pd.I Guru Penjasoker
16 Fitaria Dewi Pratiwi, S.Pd. Guru SBK & Perpus
17 Fajar Yuliantono, SH Guru Bahasa Arab
18 Winarsih Pelaksana
19 Wahyu Wulandari Pelaksana
20 Surata Pelaksana
21 Ikwan Wiyono Ketua Komite Madrasah
22 Ani Ari Asih Komite Madrasah
23 Agus Rahman Penjaga Sekolah/Madrasah

VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PRIORITAS / KEUNGGULAN

  1. Visi

Visi MIN 3 Bantul adalah “Terwujudnya peserta didik yang Bertaqwa, Cerdas, Terampil, dan Berakhlaq Mulia”

Idikatornya adalah:

  1. Taat menjalankan ajaram agama
  2. Memiliki inisiatif, kreatif serta mampu berprestasi dibidang akademik dan non akademik
  3. Cakap dan cekatan dalam menyelesaikan berbagai tugas
  4. Mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai akhlaqul karimah
  5. Misi
    1. Melaksanakan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran  agama Islam menuju terbentuknya insan yang beriman dan bertakwa.
    2. Melaksanakan proses   belajar   mengajar  dan bimbingan secara  aktif,  kreatif, efektif   dan  menyenangkan   dengan pendekatan saintifik sehingga anak mampu berprestasi.
    3. Melakukan pendidikan  dan pelatihan yang  berkepribadian    kreatif dan inovatif untuk menguasai ilmu pengetahuan  dan teknologi.
    4. Membimbing siswa memiliki akhlaqul karimah sehingga dapat beradaptasi, bersosialisasi dan  memiliki jiwa sosial yang tinggi.
  6. Tujuan

Dengan berpedoman pada visi dan misi yang telah dirumuskan serta kondisi di madrasah  maka tujuan  yang ingin dicapai secara umum adalah  sebagai berikut .

  1. Terwujudnya peserta didik yang meningkat pengamalan ibadahnya baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah; shalat dhuhur berjama’ah, shalat dhuha, tadarus al-Qur’an dan hafalan al-Qur’an
  2. Terlaksananya proses belajar   mengajar  dan bimbingan secara  ramah anak,  aktif,  kreatif, efektif   dan  menyenangkan   dengan pendekatan saintifik pada kelas I sampai VI sehingga anak mampu berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.
  3. Terlaksananya kegiatan pengembangan diri dalam bidang olah raga dan seni sehingga mampu berprestasi baik tingkat Madrasah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.
  4. Meningkatnya kegiatan kepedulian sosial di lingkungan madrasah dan masyarakat.

Tujuan yang ingin dicapai selama Tahun Pelajaran  2020 / 2021 adalah  sebagai berikut:

  1. Terlaksananya jama’ah salat Dhuhur dengan tertib
  2. Terlaksananya salat Dhuha dengan tertib
  3. Meningkatnya jumlah hafalan surat-surat pendek minimal tiga surat tiap-tiap jenjang kelas.
  4. Terwujudnya peserta didik yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik di tingkat Kecamatan dan kabupaten
  5. Terwujudnya peserta didik yang berprestasi di bidang olah raga dan seni di tingkat kecamatan dan kabupaten
  6. Terwujudnya peserta didik yang gemar melakukan senyum salam dan sapa
  7. Terwujudnya peserta didik yang sadar akan kebersihan dan peduli terhadap lingkungan

Adapun tujuan yang ingin dicapai empat tahun kedepan adalah:

  1. Terlaksananya salat sunah qobliyah dan ba’diyah bagi kelas empat sampai enam
  2. Terwujudnya peserta didik yang mampu menghafal satu juz Al-Qur’an
  3. Terwujudnya peserta didik yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik di provinsi
  4. Terwujudnya peserta didik mampu bekerja sama dan gemar membantu sesama
  1. PRIORITAS / PROGRAM UNGGULAN

Semua program  baik intra maupun ekstra kurikuler yang telah dicanangkan MIN 3 Bantul dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Namun ada salah satu program yang diprioritaskan keberlangsungan dan hasil yang diharapkan, yaitu program tahfidz.

Program tahfidz di MIN 3 Bantul dilaksanakan secara intensif dalam 3 (tiga) agenda pembelajaran, yaitu:

  1. Pembelajaran tahfidz pagi jam ke-0 (ekstra kurikuler) yaitu dimulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 07.15 (selama 45 menit).
  2. Pembelajaran tahfidz intra kurikuler sebagai mulok wajib (masuk dalam jadwal pelajaraan), setiap kelas 2 jam pelajaran dalam satu minggu.
  3. Pembelajaran tahfidz sebagai penugasan, yang dilaksanakan di rumah masing masing siswa atau di tempat guru ngajinya. Harapannya ini bisa dilaksanakan setiap hari dengan bimbingan orang tua atau ustadz/ah.

Tujuan dari program unggulan ini adalah untuk membekali peserta didik agar memiliki modal dan kesiapan dalam menghafal Al Qur an, sehingga pada jenjang berikutnya peserta didik semakin lancar dalam menghafal Al Qur an. MIN 3 Bantul ingin memberikan dasar-dasar ilmu tahfidz, menerapkannya dalam pembelajaran sehingga ke depan tercetak banyak hafidzul Qur an.