Upacara, Istighosah dan Kirab Akbar Warnai Hari Santri di MIN 3 Bantul

Bantul (MIN 3 Bantul) – Sabtu (22/10) seluruh keluarga besar MIN 3 Bantul mengadakan acara dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN). Hari santri sendiri diperingati tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai hari santri karena pada tanggal tersebut, di tahun 1945, kyai dan santri melaksanakan resolusi jihad untuk mengusir Belanda dari Indonesia.

Menyambut hari santri, siswa-siswi MIN 3 Bantul menyelenggarakan upacara bendera sesuai instruksi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Hanik Nurul Hidayah, kepala MIN 3 Bantul mengimbau kepada seluruh peserta upacara untuk tetap selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

“Hari ini, pasca pandemi covid 19, kita wajib bersyukur sebesar-besarnya kepada Allah Swt. karena memberikan kita kesehatan. Kesehatan yang diberikan oleh Allah Swt. inilah menjadikan kita bisa menghadiri dan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari santri 2022” ungkapnya. Selain menyampaikan pesan secara pribadi, beliau juga membacakan ikrar santri Indonesia.

Setelah upacara bendera, acara peringatan HSN dilanjutkan dengan salat dhuha berjamaah, istighasah dan sarapan bersama seluruh siswa, guru dan karyawan. Puncak dari rangkaian acara tersebut adalah kirab santri dengan rute yang melewati lingkungan sekitar MIN 3 Bantul. Kirab santri diniatkan untuk syiar agar warga sekitar dan warga MIN 3 Bantul mengingat kembali jasa para santri yang telah gigih membantu negara Indonesia mempertahankan kemerdekaan.

Selamat hari santri nasional 2022, selamat merayakan maulid nabi Muhammad Saw. (iman)