MIN 3 Bantul Laksanakan Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Bantul (MIN 3 Bantul). Sejarah memberikan pelajaran berharga agar kehidupan kita akan semakin baik pada saat ini dan di masa depan nanti. Sebelum menjadi negara dengan kondisi yang baik seperti sekarang, bangsa ini telah melewati berbagai bentuk perjalanan dan peristiwa, yang salah satunya dikenal dengan Hari Kesaktian Pancasial. Demi menghargai jasa para pahlawan di masa lalu, MIN 3 Bantul melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari sabtu (1/10) pagi bertempat di halaman madrasah.

Pada Upacara kali ini, seluruh petugas merupakan mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalani KKN di MIN 3 Bantul dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul menyampaikan dalam pembinaannya bahwa generasi muda harus selalu siap menerima tongkat estafet perjuangan dari para pendahulu bangsa. Anak-anak yang saat ini masih sekolah nantinya akan menjadi dewasa dan menggantikan para pemimpin negeri sehingga harus belajar dengan baik untuk mempersiapkan diri.

Pada akhir acara, para peserta menyanyikan bersama lagu Andhika Bayangkari yang bermakna sebagai penjaga atau pengawal setia. Dalam sejarahnya, pada zaman Majapahit, Patih Gajah Mada dan 15 Andhika Bhayangkari pernah menyelamatkan Raja Jayanegara. Hingga kini lagu Andhika Bhayangkari selalu dinyanyikan pada saat upacara peringatan hari-hari besar nasional tertentu sebagai wujud komitmen menjaga dan mengawal pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (agassa)