MIN 3 Bantul Laksanakan PTS Sebagai Bentuk Uji Progress dan Evaluasi Pembelajaran

Bantul (MIN 3 Bantul). Penilaian Tengah Semester Gasal merupakan bentuk evaluasi yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan setelah menyelesaikan materi setengah semester gasal atau sekitar 3 bulan sejak dimulainya tahun ajaran 2022-2023. Dalam jadwalnya, MIN 3 Bantul akan melaksanakan kegiatan rutin ini selama kurang lebih satu pekan dimulai hari Jum’at (16/9) dan berakhir pada hari Sabtu (24/9). Ujian diawali dengan mapel PAI dan Bahasa Arab serta dilanjutkan mapel tematik dan muatan lokal.

Suasana lingkungan belajar harus dikondisikan dengan baik agar peserta didik dapat mengambil intisari kegiatan belajar mengajar. Sikap jujur, disiplin, semangat menuntut ilmu, pantang menyerah dan konsep ikhtiyar tawakal harus senantiasa ditanamkan kepada anak-anak sejak pendidikan dasar. Oleh karena itu Penilaian Tengah Semester merupakan media yang tepat untuk membentuk hal-hal positif tersebut, papar Agus, Guru PAI MIN 3 Bantul.

Pada hari pertama, materi yang diujikan adalah Aqidah Akhlak dan Al-Qur’an Hadits. Terlihat peserta didik sangat antusias dalam menyambut PTS kali ini, semoga mendapatkan kemudahan dalam belajar dan mengerjakan soal sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, dan mutu serta kualitas pendidikan di MIN 3 Bantul terus meningkat sebagai wujud optimalisasi pelayanan. (agassa)