Pembiasaan Ibadah, Do’a, Mujahadah dan Mengaji di MIN 3 Bantul Jadi Pondasi Karakter Islami

Bantul (MIN 3 Bantul). Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul memiliki visi menjadi madrasah RISET BERAMAL, yaitu Religius, Sehat, Terampil, Berprestasi dan Berakhlak Mulia.  Bertolak dari perihal tersebut, maka disusunlah program-program pembiasaan yang diharapkan mampu menunjang peserta didik agar dapan menjadi anak-anak yang shalih-shalihah dan bermanfaat bagi masyarakat, nusa, bangsa dan agama.

Salah satu program yang diaplikasikan adalah pembiasaan pagi di MIN 3 Bantul yang dimulai sejak pukul 06.15 wib. Peserta didik sudah mulai melantunkan do’a-do’a, asmaul husna dan membaca al-Qur’an sekaligus menghafal tepat saat matahari mulai terbit di ufuk timur. Selanjutnya peserta didik melaksanakan shalat dhuha sesuai kelas masing-masing dengan dipandu oleh guru kelas, adapun shalat dhuha bersama seluruh madrasah sekaligus mujahadah dilaksanakan setiap hari jum’at, bergantian dengan kegiatan jum’at sehat.

Fajar Yuliantono, Guru Fiqih di MIN 3 Bantul menyatakan bahwa pembelajaran di masa kecil itu bagai mengukir di atas batu, memang sulit dan membutuhkan perjuangan yang terus menerus, namun dengan ikhtiyar maksimal dan do’a yang optimal insyaallah anak anak akan terbiasa dengan kegiatan keseharian yang mencerminkan insan yang bertakwa dan beriman sampai mereka tua nanti. (agassa)