Monitoring AKMI dari Kemenag Pusat : MIN 3 Bantul Diharapkan Menjadi Madrasah Unggulan Berbasis IT

Bantul (MIN 3 Bantul) Selasa (9/8) MIN 3 Bantul mendapatkan kehormatan kunjungan monitoring  dari Kementerian Agama RI terkait validasi AKMI (Asesment Kompetensi Madrasah Indonesia). Kegiatan simulasi AKMI ini diikuti oleh  64 siswa kelas 5 yang terbagi dalam 2 sesi. Hari pertama (senin, 8 Agustus)  dilaksanakan simulasi asesmen literasi membaca dan literasi numerasi, sedangkan hari kedua adalah asesmen literasi sains, sosial budaya dan profil keunggulan. Alhamdulillah kegiatan simulasi / validasi AKMI berlangsung  dengan baik dan lancar.

Kunjungan dari Kementerian Agama RI ke MIN 3 Bantul diwakili oleh Bapak Arif Ridho, didampingi tim dari bagian Dikmad Kanwil Kemenag DIY.  Setelah memastikan kegiatan simulasi berlangsung dengan baik, beliau banyak memberikan masukan dan arahan kepada madrasah agar lebih fokus dalam mengelola program unggulan madrasah. Program unggulan harus diangkat dari  minat  dan bakat siswa, kemudian dikembangkan dan dikelola dengan serius.  Kurikulum adalah standar minimal, jika madrasah hanya memberikan pembelajaran sebatas materi dalam kurikulum tersebut, maka dipastikan tidak akan pernah menjadi juara. Karena itu madrasah harus berani berinovasi untuk melakukan berbagai lompatan sehingga memiliki program unggulan yang menarik untuk dijadikan branding madrasah, dan karena dikelola dengan serius dan intensif, maka insya allah akan memberikan hasil yang membuat masyarakat semakin antusias untuk  menitipkan putera puterinya belajar di madrasah.

Fitaria, Guru koordinator IT sekaligus proktor MIN 3 Bantul menyampaikan bahwa kegiatan simulasi ini ditujukan untuk mencoba sistem dan kesiapan pelaksanaan AKMI yang nantinya adakan dijadikan tolak ukur kemampuan siswa dalam bidang literasi dan numerasi. Beliau berharap bahwa sarana prasarana penunjang pembelajaran berbasis IT seperti perangkat laboratorium komputer di madrasah-madrasah dapat dilengkapi untuk menunjang pembelajaran digital madrasah, terutama di MIN 3 Bantul. (agassa)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*