Digitalisasi Madrasah Jadi Fokus Utama Pengembangan MIN Se-DIY

Bantul (MIN 3 Bantul). Rabu, 2 Maret 2022, Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan di MIN 3 Bantul, Guwosari, Pajangan, Bantul. Dalam acara tersebut hadir Kasi Kelembagaan Dikmad Kemenag DIY, H. Fahrudin, S. Ag., MA. Yang mewakili Bapak Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY. Agenda ini sendiri merupakan kegiatan rutin yang bertujuan memperkuat koordinasi dan pengembangan Bersama Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Yogyakarta.

Guru harus melakukan pembelajaran dan penilaian yang bermakna, yaitu menyeluruh pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk mendukung hal tersebut maka digitalisasi Madrasah menjadi topik pembahasan utama yang harus dikembangkan oleh para pemegang kebijakan di madrasah-madrasah untuk mampu memberikan pelayanan pembelajaran yang optimal bagi peserta didik, ungkap Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul, yang menjadi tuan rumah pada rapat koordinasi kali ini. Madrasah sebagai subyek pendidikan harus menyesuaikan diri dengan obyek yang menjadi tanggung jawabnya. Anak anak MI zaman now banyak yang kesehariannya berkutat dengan gadget, baik HP, laptop maupun komputer, oleh karena itu hal ini harus menjadi concern madrasah untuk menjadikannya peluang sebagai salah satu media pembelajaran terbaik yang bisa dikembangkan.

Kanwil Kemenag DIY mengembangkan beberapa kurikulum untuk dapat diaplikasikan di pembelajaran madrasah. Salah satunya adalah pendidikan lalu lintas yang nantinya disisipkan dalam maple juga  PPKn. Selanjutnya konsep madrasah ramah anak harus diterapkan dengan baik dan dideklarasikan agar diketahui segenap lapisan mulai dari guru, karyawan, peserta didik, komite, wali murid, dan lingkungan madrasah secara umum.

Kebijakan-kebijakan strategis madrasah harus banyak didiskusikan dan dikoordinasikan antar kepala madrasah dan dengan bagian Pendidikan Madrasah baik di Kementerian Agama tingkat kabupaten maupun Kanwil DIY, agar dapat berjalan selaras dan seimbang serta mendapatkan hasil yang optimal, pesan Fahrudin dalam sambutannya. (agassa)