Santri Wajib Cinta Nabi dan Ibu Pertiwi

Bantul (MIN 3 Bantul) – Jum’at (22/10) seluruh keluarga besar MIN 3 Bantul mengadakan acara dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional. Hari santri sendiri diperingati tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai hari santri karena pada tanggal tersebut, di tahun 1945, kyai dan santri melaksanakan resolusi jihad untuk mengusir Belanda dari Indonesia.

Menyambut hari santri, siswa-siswi MIN 3 Bantul menyelenggarakan upacara bendera sesuai intruksi dari Kementerian Agama. Dalam sambutannya, Hanik Nurul Hidayah, kepala MIN 3 Bantul mengimbau kepada seluruh peserta upacara untuk tetap selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

“Hari ini, di tengah pandemi covid 19, kita wajib bersyukur sebesar-besarnya kepada Allah Swt. karena memberikan kita kesehatan. Kesehatan yang diberikan oleh Allah Swt. inilah menjadikan kita bisa menghadiri dan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari santri 2021” ungkapnya. Selain menyampaikan pesan secara pribadi, beliau juga membcakan amanat dari Menteri Agama Republik Indonesia.

Perayaan hari santri 2021 yang bertepatan dengan bulan Rabiul Awal, bulan lahirnya nabi Muhammad Saw., dijadikan momen oleh warga MIN 3 Bantul untuk sekaligus merayakan maulid. Perayaan maulid tahun ini hanya diikuti oleh beberapa warga MIN 3 saja, yaitu semua guru dan karyawan, siswa kelas 6 dan tim hadroh.

Perayaan maulid tersebut diawali dengan menyanyikan lagu ‘Ya Lal Wathan’, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan shalawat al-Barzanji oleh seluruh hadirin. Selanjutnya acara diisi dengan cerita singkat kehidupan nabi Muhammad Saw kemudian ditutup dengan pembacaan do’a.

Puncak dari rangkaian acara tersebut adalah santunan kepada anak yatim, piatu dan yatim piatu yang merupakan siswa MIN 3 Bantul. Bantuan diserahkan oleh kepala madrasah secara simbolis kepada dua anak sebagai perwakilan.

Selamat hari santri nasional 2021, selamat merayakan maulid nabi Muhammad Saw. (Iman)