Literasi Mewarnai Wisuda Tahfidz di Pesta Akhir Tahun Min 3 Bantul

Bantul – (MIN 3 Bantul). Pagi itu, sabtu, 19 Juni 2021, sekitar pukul 07.00 wib, tampak wajah-wajah penuh keceriaan meskipun tertutup masker dan faceshield di Aula Gedung Balai Desa Guwosari, Pajangan, Bantul. Para siswa-siswi, wali murid dan tamu undangan berduyun-duyun datang menghadiri wisuda pelepasan kelas VI. Acara tersebut sebenarnya merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan, namun ada hal istimewa yang menjadikan acara ini menjadi berbeda, iya, wisuda tahun ini dikemas dengan sangat menarik, memadukan prosesi Haflah Khotmil Qur’an khas pesantren, Wisuda Purna Siswa dan Launching Gerakan Madrasah Unggulan Literasi.

Ahmad Agus Salim, Koordinator Seksi Acara menjelaskan bahwa konsep acara kali ini adalah bagaimana keunggulan-keunggulan MIN 3 Bantul dikemas dalam satu rangkaian acara agar terasa gebyar meskipun di tengah masa pandemi, mulai dari keunggulan bahasa dengan penampilan pembawa acara dari siswa-siswi kelas 5 yang menggunakan bahasa arab, inggris dan jawa, kemudian keunggulan Tahfidz Al-Qur’an yang direpresentasikan Haflah khotmil Qur’an, serta keunggulan literasi dengan launching Program Madrasah Unggulan Literasi dan buku karya siswa-siswi MIN 3 Bantul yang berjudul “Rupa-Rupa Purnama”. Keunggulan lain yang juga tampak mencolok pada acara ini adalah keunggulan budaya. Hal ini terlihat dari penampilan guru-guru MIN 3 Bantul yang memakai baju adat, pentas drumb band dari anak-anak kelas 4, serta lantunan shalawat tibbil qulub yang diiringi band keluarga salah seorang guru MIN 3 Bantul.

Dalam sambutannya, Jauhar Mukhlis Salistyanta, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya, terutama kepada paguyuban wali santri yang dengan gotong royong mensupport penuh pihak madrasah dalam melaksanakan kegiatan ini. Beliau juga memandang positif launching madrasah unggulan literasi yang diangkat sebagai tema besar MIN 3 Bantul. Adapun Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul menyatakan bahwa keluarga besar MIN 3 Bantul siap berkarya sebagai bentuk konkret program literasi yang dicanangkan. Setelah pada hari ini melaunching buku karya anak-anak, semoga dalam waktu dekat kita bisa melaunching karya guru dan karyawan, kemudian dilanjutkan karya dari wali murid, paparnya. Agenda launching sendiri dibuka dengan pentas drumb band siswa-siswi MIN 3 Bantul diikuti penandatanganan Buku Antalogi Puisi karya siswa-siswi MIN 3 Bantul oleh Ketua Korwil Kapanewon Bantul, Bapak Drs. Bambang Wahyuni, M. Pd, Konsultan Pendidikan MIN 3 Bantul, Kyai M. Nadhif Masykur dan Kepala MIN 3 Bantul.

Setelah sambutan-sambutan dan penyerahan kembali amanah mendidik anak-anak kelas VI oleh ketua komite kepada perwakilan wali murid, acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda mutakhorrijin-mutakhorrijat tahun pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 51 peserta didik, dan penyerahan hadiah atas hasil prestasi siswa-siswi. Acara selesai tepat pukul 11.30 wib dengan menerapkan protokol kesehatan mulai dari awal sampai akhir. (Agassa)