Optimalkan Kegiatan Awal Tahun Dengan Program Wajib Kunjung Museum

Bantul (MIN 3 Bantul). Mengisi awal tahun ajaran baru, segenap guru dan pegawai MIN 3 Bantul berkumpul di pendopo Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengikuti program wajib kunjung museum (WKM). Setelah melaksanakan registrasi dan menerima pengarahan dari petugas dinas kebudayaan, rombongan MIN 3 Bantul berangkat menuju Museum UGM sebagai destinasi pertama.

Museum UGM yang terletak di dalam area kampus bulaksumur ini berisi peninggalan-peninggalan yang menggambarkan perjalanan salah satu Universitas terbaik di Indonesia tersebut mulai dari awal berdiri sampai saat ini. Disana para guru dan pegawai MIN 3 Bantul serasa mendapatkan suntikan semangat akademik saat melihat dan menerima penjelasan dari tour guide museum UGM.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Museum Affandi yang terletak berseberangan dengan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Nuansa berbeda sangat terasa antara kedua museum yang mana nuansa akademisi menjadi ciri khas museum UGM dan nuansa seni khususnya seni lukis dan seni patung menjadi corak utama Museum Afandi.

Kegiatan Wajib Kunjung Museum ini menjadi salah satu program pendidikan di luar madrasah yang sangat baik untuk kita dapat belajar dari sejarah, sehingga diharapkan banyak ibroh dan pelajaran yang dapat diambil sebagai salah satu dasar untuk para guru dan pegawai untuk transfer of knowledge ke para murid nantinya, papar Hanik, Kepala MIN 3 Bantul. (agassa)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*