Uji Publik KTSP: MIN 3 Bantul Angkat Kearifan Lokal dan Keunggulan Global

Bantul (MIN 3 Bantul). Sabtu (16/7) MIN 3 Bantul melaksanakan uji publik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap menyambut awal tahun ajaran baru dengan tujuan untuk finalisasi kurikulum sebelum diterapkan pada tahun pelajaran 2022-2023. Kurikulum MIN 3 Bantul sendiri mencoba untuk mengakomodasi  kearifan lokal, keunggulan global dan ke-khas-an madrasah.

Dalam Draft KTSP yang ditampilkan, MIN 3 Bantul mencanangkan 4 program unggulan, yaitu literasi, tahfidz al-Qur’an, Bebas Buta Aksara Jawa, dan Bebas Buta Baca Tulis Arab. Selain itu, pendidikan batik juga dijadikan icon untuk nguri-nguri kebudayaan lokal di lingkungan MIN 3 Bantul.

Dalam pemaparannya, Bapak Kuncoro yang mewakili Kasi Penmad Kemenag Bantul mengulas regulasi-regulasi dalam KTSP yang harus selalu update dan memberikan masukan penambahan waktu belajar muatan lokal untuk efektivitas pembelajaran Batik. Adapun Pengawas MIN 3 Bantul, Bapak Syamsudin menjelaskan mengenai aplikasi kurikulum merdeka yang belum diterapkan di lingkungan Kementerian Agama secara umum.

Pembelajaran di MIN 3 Bantul memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri kaitannya dengan alokasi waktu pembelajaran agama yang cukup banyak, sehingga kemampuan dan potensi peserta didik bisa optimal, terutama dalam kaitannya mempersiapkan generasi muda islami yang rahmatan lil ‘Alamin. (agassa)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*