Gelar Bedah Kisi-Kisi, MIN 3 Bantul Siap Hadapi ASPD

Bantul (MIN 3 Bantul). Siswa-siswi kelas 6 MIN 3 Bantul sebentar lagi akan mencapai akhir dari sebuah episode perjalanan kehidupan mereka dalam tholabul ilmi. Hampir 6 tahun mereka telah ditempa dalam kawah candradimuka bernama madrasah untuk dapat menjadi generasi muda bangsa yang berakhlaqul karimah dan memiliki kompetensi untuk dapat menjalani tugas dan kewajiban mereka sebagai anggota masyarakat dan tiang negara di masa depan.

Dalam akhir kisah mereka di tingkat Madrasah Ibtidaiyah ini, beberapa evaluasi dilaksanakan untuk melihat kemampuan yang menjadi standar dan tolak ukur pendidikan disebut berhasil atau gagal. Salah satu evaluasi tersebut dinamakan ASPD, yaitu kepanjangan dari Asesmen Standar Pendidikan Daerah. Tujuan diadakannya ASPD yaitu untuk memetakan mutu pendidikan di DIY dan sebagai alat seleksi masuk SMP/MTs negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. ASPD ini berbeda dengan Ujian Nasional (UN) karena ASPD tidak menentukan kelulusan peserta didik. Akan tetapi, sebagai alat seleksi ketika mendaftar di SMP/MTs. negeri karena nilai rapor belum memenuhi standar. Perlu kita ketahui bahwa penentuan nilai rapor setiap sekolah berbeda-beda sehingga tidak bisa dijadikan standar untuk seleksi masuk ke jenjang diatasnya dan belum bisa digunakan sebagai patokan mutu sebuah sekolah dan madrasah.

Mata pelajaran yang diujikan pada ASPD tingkat sekolah dasar terdiri atas 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk menghadapi ujian tersebut maka MIN 3 Bantul melaksanakan bedah kisi-kisi yang bertujuan agar siswa-siswi kelas 6 memiliki pemahaman yang matang mengenai bentuk soal, materi yang diujikan dan cara praktis dan tepat dalam mengerjakannya. Dalam kesempatan ini, pihak MIN 3 Bantul meminta bapak Andri Risdianta, S. Pd. SD. yang merupakan salah satu anggota tim penulis soal UN untuk dapat memberikan materi bedah kisi-kisi maple matematika, sekaligus meningkatkan motivasi peserta didik dan menjadikan mindset mereka siap untuk menghadapi ujian.

Program bedah kisi-kisi dan try out akan dilaksanakan secara berkesinambungan untuk semua mapel yang diujikan dalam ASPD di MIN 3 Bantul. Kita sengaja mendatangkan para ahli dalam pembuatan soal-soal untuk dapat memberikan trik-trik belajar kepada anak-anak sehingga mereka akan memiliki pemikiran bahwa pelajaran-pelajaran yang diujikan dalam ASPD itu mudah dan mereka mampu mengerjakan, kita berharap anak-anak akan semangat dalam menghadapi ujian-ujian di masa akhir Pendidikan mereka di tingkat MI, kata Umi Hanik Komariyah, Guru Kelas VI MIN 3 Bantul. (agassa).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*