Apresiasi Tinggi Pengawas Terhadap Kemajuan Program MIN 3 Bantul Saat PKKM

Bantul (MIN 3 Bantul) – MIN 3 Bantul mendapatkan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah pada hari kamis, 18 November 2021. Penilaian PKKM sendiri meliputi 6 bagian : Kepribadian dan Sosial, Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan serta Hasil Kinerja Kepala Madrasah. Masing- masing bagian dikerjakan oleh tim guru dengan seorang koordinator.

Setelah prosesi pembukaan, Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul menyampaikan pemaparan tentang kemajuan madrasah selama 1 tahun dengan program-program terobosan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas MIN 3 Bantul. “Banyak hal yang kita coba lakukan untuk mendapatkan format program unggulan terbaik di MIN 3 Bantul, selain literasi, tahfidz dan keunggulan lokal daerah seperti membatik, kami juga sedang mencoba untuk mengembangkan keunggulan bahasa. Harapan kami MIN 3 Bantul memiliki keunikan dan ciri khas khusus yang dapat menjadi nilai lebih madrasah”.

Acara kemudian dilanjutkan pemeriksaan dokumen di setiap bagian oleh pengawas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Bagian 1 sampai 3 diperiksa oleh Syamsudin, S. Ag. MA. Adapun bagian 4 sampai 6 diperiksa oleh Abdurrahman ,S. Pd.I. M. Pd.

MIN 3 Bantul mengalami perkembangan kemajuan yang sangat signifikan selama setahun ini, papar Syamsudin. Inovasi dan kreasi banyak dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas yang ada mulai dari program-program unggulan yang dikembangkan, pemanfaatan teknologi informasi dan yang paling terlihat adalah situasi lingkungan kerja yang kondusif sangat dirasakan, sehingga ini menjadi modal untuk kemajuan.

PKKM meskipun tampak sebatas penilaian kinerja kepala, namun pada realitasnya menunjukkan wujud madrasah secara keseluruhan. Oleh karena itu, agenda ini wajib disokong dan disukseskan oleh seluruh elemen madrasah, termasuk komite dan paguyuban. Dari kegiatan PPKM ini, MIN 3 Bantul juga wajib terus berbenah untuk mempersiapkan akreditasi madrasah yang jadwalnya diperkirakan akan dilaksanakan pada tahun depan (agassa).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*