Pemetaan Peserta Didik Baru MIN 3 Bantul : Dari Calistung Sampai Tahfidz Al-Qur’an

Bantul – MIN 3 Bantul. Senin, 28 Juni 2021. Di tengah suasana libur akhir tahun pelajaran, panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) MIN 3 Bantul melaksanakan tes pemetaan kemampuan awal calon siswa kelas 1 tahun pelajaran 2021-2022. Kegiatan kali ini diikuti oleh 48 calon peserta didik baru. Fajar Yuliantono, Ketua Panitia PPDB mengatakan bahwa meskipun masih masa pandemi, namun tes pemetaan kali ini sangat penting dilaksanakan secara tatap muka agar benar-benar dapat mengetahui kompetensi awal yang dimiliki oleh peserta didik baru. “Pandemi sudah berlangsung satu tahun lebih, banyak sekolah dan madrasah melakukan pembelajaran secara daring, menurut kami salah satu lembaga yang terkena imbas paling besar adalah di tingkat TK dan RA, karena anak-anak dengan skala umur dibawah 7 tahun tentunya sangat sulit jika harus memahami dan mengaplikasikan pembelajaran jarak jauh, berdasarkan hal tersebut maka kami harus melaksanakan tes pemetaan agar dapat menyesuaikan kurikulum dan target pembelajaran di MIN 3 Bantul dengan kondisi awal peserta didik”, ujar guru yang mengampu mapel agama ini.

Kegiatan tes pemetaan dimulai tepat pukul 08.00 wib. Calon peserta didik baru dengan didampingi orang tua datang ke madrasah dengan protokol kesehatan yang ketat. Setelah melalui cek suhu tubuh dan cuci tangan menggunakan sabun, para calon siswa baru diukur berat dan tinggi badannya satu per satu. Selanjutnya mereka memasuki ruang tes calistung untuk mengetahui kemampuan baca tulis dan menghitung, kemudian dilanjutkan menuju tempat tes agama untuk mengukur ketrampilan dalam membaca Al-Qur’an, hafalan surah-surah pendek dan do’a sehari-hari.

Pelaksanaan tes berlangsung kurang lebih satu jam. Adapun hasil tes akan diumumkan besok hari selasa, 29 Juni 2021 secara online melalui website resmi MIN 3 Bantul, yaitu www.min3bantul.sch.id dan akan di share melalui whatsapp. Kegiatan ini selain untuk mengetahui kemampuan awal calon peserta didik baru, juga bertujuan agar para calon peserta didik dapat melihat dan mengenal lingkungan tempat mereka akan menimba ilmu selama enam tahun kedepan. Semoga pandemi segera berakhir dan madrasah dapat kembali melaksanakan pembelajaran secara  tatap muka, sehingga proses dan hasil pembelajaran dapat optimal. (agassa)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*