Menuju Madrasah Berprestasi: MIN 3 Bantul Kemas Halal Bi Halal Dengan Belajar Literasi

Bantul (MIN 3 Bantul) Terdapat sesuatu yang istimewa di hari pertama masuk kerja MIN 3 Bantul pasca liburan akhir Ramadlan dan Hari Raya Idul Fitri, karena jika biasanya pada pertemuan awal akan diisi kegiatan halal bi halal yang bersifat membangun keakraban, kekeluargan dan lebih berorientasi senang-senang, namun kali ini agenda halal bi halal dikonsep dengan acara belajar literasi dengan mendatangkan motivator dan praktisi pendidikan, Nadhif Masykur.

Acara dimulai oleh pembawa acara dengan bacaan ummul kitab, dilanjutkan lantunan shalawat dan lagu Indonesia Raya. Dalam sambutannya, Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, memohon dan memberikan maaf kepada segenap keluarga besar MIN 3 Bantul, selanjutnya beliau menyampaikan bahwa semangat idul fitri harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja sehingga sebagai individu dan lembaga kita bisa semakin baik dan menuju madrasah unggulan berprestasi.

Setelah kegiatan seremonial halal bi halal berakhir dengan pembacaan ikrar syawalan, bapak ibu guru dan karyawan MIN 3 Bantul selanjutnya belajar bersama mengenai literasi. Mengawali materi literasi, Nadhif Masykur menanyakan prosentase rasa cinta terhadap pekerjaan kepada seluruh peserta sosialisasi, karena menurutnya tanpa raca cinta yang optimal terhadap pekerjaan, maka hanya rasa lelah dan mengeluh yang nantinya dihasilkan. Literasi itu adalah ajaran islam, sebagai madrasah yang merupakan lembaga pendidikan berbasis agama, maka hukumnya wajib bagi kita untuk menggalakkan literasi, yaitu membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah-masalah yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Di akhir acara, Tim Literasi Sekolah MIN 3 Bantul dibentuk sebagai wujud ikhtiyar mensukseskan program literasi yang diharapkan dapat memberikan banyak kemanfaatan. Iqra’ bismirabbikalladzi kholaq. “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan”. Semoga dengan niatan suci berbalut Ridlo Illahi dalam keberkahan Hari Raya Idul Fitri, MIN 3 Bantul diciptakan oleh Allah menjadi madrasah unggul literasi. (Agassa)   

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*