MIN 3 Bantul Tempatkan 2 Murid di Peringkat 5 Besar Se Kecamatan Pajangan

(Bantul) MIN 3 Bantul. Prestasi harus tetap diraih meskipun di masa pandemi. Tholabul ilmi tetap wajib dijalani diberbagai kondisi. MIN 3 Bantul sebagai lembaga pendidikan islami memiliki filosofi bahwa “Ikhtiyar optimal insyaallah akan memberikan hasil maksimal saat dihiasi dengan do’a dan tawakkal”. Berdasarkan hal tersebut, meskipun dengan berbagai metode dan cara yang bisa dan boleh dilaksanakan, MIN 3 Bantul tetap mengikuti try out atau latihan ujian sekolah SD/MI se-Kabupaten Bantul.

Pelaksanaan try out berlangsung selama 3 hari, mulai senin sampai rabu, 8-10 Februari 2021. Format ujian sendiri dibuat sedemikian rupa agar tetap memenuhi protokol kesehatan. Para siswa terlihat bersemangat ketika mereka datang ke madrasah setelah sekian lama pembelajaran dilaksanakan secara daring. Terlihat mereka benar benar rindu akan suasana belajar di madrasah kata Akbar Hasibuan, salah seorang guru baru di MIN 3 Bantul yang ikut mengatur berlangsungnya ujian.

Terdapat 3 mata pelajaran yang diujikan dalam try out kali ini, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Peserta didik dari kelas 6 MIN 3 Bantul yang mengikuti latihan ujian berjumlah 50 anak. Adapun dari kecamatan pajangan, jumlah peserta didik yang mengikuti berjumlah sekitar 495 siswa, baik dari SD maupun MI.

Dra. Hanik Nurul Hidayah, M. S. I. mengatakan bahwa latihan-latihan ujian seperti ini tetap kita lakukan meskipun dalam situasi dan kondisi yang kurang ideal karena pandemi. Mentalitas dan semangat siswa dalam belajar harus terus dijaga dengan berbagai cara, salah satunya tentu dengan mengadakan try out seperti ini.

Dalam try out kali ini, 2 orang peserta didik MIN 3 Bantul berhasil menduduki peringkat 5 besar se-kecamatan pajangan untuk tingkat SD dan MI.  Arini Choirunnisa dan Reisha Aura Asmarani masing-masing berhasil menduduki peringkat 4 dan 5. Namun, jika analisa hasil ujian dipersempit hanya untuk kategori Madrasah Ibtidaiyah saja, maka MIN 3 Bantul bisa disebut menduduki peringkat pertama dan mendominasi peringkat 10 besar tingkat kecamatan.

Semoga prestasi ini akan terus meningkat dan nantinya di Ujian Sekolah, peserta didik kelas 6 MIN 3 Bantul bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, tentunya tetap dengan mengharap barokah dan ridlo dari Allah SWT. (Agassa)