Tahfidz Al-Qur’an Program Unggulan MIN 3 Bantul

بسم الله الرحمن الرحيم

يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتوا العلم درجات ( المجادله :11)

Artinya: “Tuhan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan”.(QS: Al-Mujadalah: 11)

ان الله لايغير مابقوم حتى يغيروا مابأنفسهم  ( الرعد: 11)

Artinya: ”Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) sesuatu kaum kecuali setelah mereka itu sendiri (mau berusaha) merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri”.(QS.Ar ra’du:11)

عَن عُثَمانَ رَضِىَ اللٌهُ عَنهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صٌلَى اللٌهُ عَلَيهِ وَسَلٌمَ خَيُركُم مَن تَعلٌمَ القُرانَ وَعَلٌمَهَ.

Dari Utsman RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar al Qur’an dan mengajarkannya.” 

أَخي لَن تَنَالَ العِلْمَ إِلَّا بِسِتَّةٍ     سَأُنبيكَ عَن تَفْصِيْلِهَا بِبَيان

ذَكَاءٌ وَحِرْصٌ وَاِجْتِهادٌ وَبُلْغَةٌ    وَصُحبَةُ أُستاذٍ وَطُوْلُ زَمانٍ

(محمد بن إدريس الشافعي)

“Saudaraku ! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan memenuhi 6 syarat. Saya akan beritahukan keseluruhannya secara rinci. Yaitu: Kecerdasan,  kemauan (rakus akan ilmu),  sabar,  biaya (pengorbanan materi/ waktu), petunjuk (bimbingan) guru dan dalam tempo waktu yang lama.”

(Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i)

PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AL-QUR’AN

MIN 3 BANTUL

PAJANGAN – BANTUL – YOGYAKARTA

  1. Pengertian

Al-Qur’an adalah Pedoman Hidup dari Umat Islam. Al-Qur’an diturunkan Allah SWT kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW untuk dibaca, dipelajari, dipahami dan diamalkan. Allah SWT akan memberikan karunia kepada hamba-hambanya yang senantiasa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Allah SWT berfirman dalam surat Fathir, ayat 29-30: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya.

Tugas pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai positif agar dapat dijadikan pondasi peserta didik dikemudian hari. Salah satu caranya dengan menghafalkan Al-Qur’an. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa hafalan Al-Qur’an mudah diterapkan untuk anak-anak, terbukti dari zaman para sahabat sampai sekarang banyak yang telah hafal Al-Qur’an diusia belia, tentunya dengan menggunakan metode yang tepat. Program Tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan yang sedang dirintis oleh MIN 3 Bantul agar menjadi nilai lebih dan karakteristik utama pembelajaran di MIN 3 Bantul. Program ini menjadi wadah bagi siswa-siswi agar memiliki bekal hafalan Al Qur`an dengan standar minimal surah-surah pendek juz 30 atau yang lebih masyhur dengan sebutan juzz amma, agar dapat digunakan dalam pelaksanaan ibadah sehari-hari seperti shalat dan lainnya.

Program Madrasah tahfidz sendiri sebenarnya telah dimulai dan dideklarasikan oleh Menteri Agama RI di Yogyakarta pada tanggal 30 Maret 2014. Sebagai tindak lanjut hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menerbitkan surat edaran nomor : B-1888/Kw.12.2/1/PP.00.1/07/2016 yang mewajibkan seluruh madrasah memiliki program tahfidz. Berdasarkan intruksi tersebut, MIN 3 Bantul terus mencoba untuk mengimplimentasikan edaran tersebut seoptimal mungkin dari tahun ke tahun. Latar belakang dan input peserta didik yang heterogen dan melihat kondisi lingkungan masyarakat di sekitar madrasah, maka Tim Pengembang Kurikulum MIN 3 Bantul mencoba membuat bluprint atau konsep pembelajaran tahfidz dengan mempertimbangan seluruh aspek yang ada, sehingga diharapkan program tahfidz terlaksana dengan baik dan tidak hanya sekedar ada, namun bisa menjadi ciri khas yang mewarnai pembelajaran di MIN 3 Bantul.

  1. Tujuan
  • Membentuk lingkungan Al-Qur’an di MIN 3 Bantul sebagai lembaga pendidikan dasar berciri khas Islam
  • Mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam memiliki kompetensi Tahfidz Al-Qur’an yang tersistematis dan terukur sesuai dengan target yang dikembangkan.
  • Memberikan pelayanan khusus kepada peserta didik yang memiliki bakat, minat, dan berpotensi tinggi  untuk belajar sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya terutama dalam Tahfidz Al-Qur’an sehingga dapat menjadi generasi Ahlul Qur’an..
  • Memberikan pondasi keagamaan yang kuat kepada peserta didik, terutama hafalan Al-Qur’an surah-surah pendek yang digunakan dalam ibadah yaumiyah (sehari-hari).

III. Target

  • Memberikan pelayanan prima dalam proses belajar mengajar di MIN 3 Bantul.
  • Memberikan suasana belajar yang nyaman bagi peserta didik untuk mempelajari al-Qur’an.
  • Peserta didik mampu membaca Al Qur’an dengan fasih dan benar serta dapat menghapal dengan terget minimal juz Amma
  • Peserta didik yang memiliki potensi akademik yang baik terutama dalam kemampuan menghafal diberikan pelayanan pembelajaran agar mendapatkan hasil maksimal dengan target minimal 3 juz dan maksimal 30 juz.
  1. Kurikulum

Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur’an MIN 3 Bantul menggunakan metode klasikal yang dikemas dengan konsep integral antara pembelajaran di Madrasah dengan pembelajaran mandiri dibawah bimbingan orang tua atau ustadz – ustadzah pendamping di rumah. Kurikulum tersebut secara umum dapat dideskripsikan dengan beberapa point penjelasan sebagaimana dibawah ini :

  1. Klasifikasi Peserta Didik Dalam Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an.

Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an di MIN 3 Bantul dibagi dalam 2 kategori, yaitu :

  1. Kategori Umum

Seluruh Peserta didik di MIN 3 Bantul wajib hafal juz 30 atau Juz Amma yang akan diselesaikan dalam kurun waktu maksimal 6 tahun, sebagai syarat kelulusan dan mendapatkan syahadah khusus sertifikat Tahfidz Al-Qur’an Juz 30.

  1. Kategori Unggulan

Peserta didik MIN 3 Bantul yang memiliki potensi akademik dalam perihal Tahfidz Al-Qur’an dan memiliki keinginan untuk menghafal yang kuat serta mendapatkan dukungan penuh wali murid, maka akan dimasukkan dalam program kategori unggulan tahfidz sehingga diharapkan mampu menghafal minimal 3 juz dan maksimal 30 juz selama kurun waktu 6 tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*